Rabu, 09 November 2016

Ilmu dalam Sya'ir Imam Syafi'i

Assalamualaikum.. Wr. Wb.
Apa kabar sahabat sekalian? 
Sahabat sekalian pasti tau tentang apa itu ilmu? Namun pada kali ini ijinkan saya menyampaikan sedikit tentang ilmu yang saya ketahui.
Sahabat mari kita renungkan apa sih ilmu itu? Sahabat pasti memiliki pendapat masing-masing tentang apa itu ilmu, begitupun dengan saya.Namun kita pasti sering sekali mendengar orang mengatakan bahwa ilmu itu adalah cahaya atau ilmu itu adalah petunjuk, ya itu benar sekali.
Karena dalam sya'ir arab sendiri mengatakan العلم نور .
nah sahabat kali ini saya akan sedikit membahas tentang sya'ir dibawah ini yangdi sampaikan oleh imam besar kita yaitu Imam Syafi'i.

# شكوت الى وكىء سوء حفظى # فأرشدنى الى الترك المعاصى 
  فأخبرنى بـأن العلم نور  # و نور الله لا يهدى للعاصى

Dalam sya'ir ini Imam Syafi'i bercerita kepada gurunya yaitu ki Waki', sang imam bercerita manakala waktu itu iya mengalami kesulitan dalam menghafal lalu sang guru memerintahkan kepada beliau untuk meninggalkan ma'siat lalu tak lama setelah itu sang gurupun memberi tahu kepada beliau bahwasannya ilmu itu adalah cahaya atau petunjuk dan Allah SWT tidak memberikan cahayanya atau peunjuknya kepada orang-orang yang suka berbuat ma'siat.

Nah sahabat, bila Imam besar seperti beliau saja merasakan betapa sulitnya menuntut ilmu itu maka bagaimana kita yang jauh dari kata baik sekalipun? Jika beliau saja yang Masyhur akan ilmunya masih diperintahkan oleh gurunya untuk meninggalkan ma'siat lalu bagaimana dengan kita yang hampir setiap hari bahkan setiap waktu tak luput dari perbuatan ma'siat tersebut?

Namun dengan begitu, semoga sahabat lebih tau tentang ilmu dan lebih menghormati ilmu. sahabat, kita bukanlah makhluk yang sempurna terkhusus saya pribadi, saya, kamu, dia dan kita semua pasti pernah mempunyai kesalahan namun sahabat, kita harus tetap semangat kita harus tetap berusaha untuk menggapai ilmu tersebut karena barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia

من جد وجد 
Nah sahabat untuk edisi ke ilmuan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu yah, lain waktu kita akan membahas kembali tentang ilmu.
terimakasih sahabat telah mampir di blog saya. semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah yang maha kuasa Aamiin ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar